Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penataan Obyek wisata Waduk Darma

Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengalokasikan dana Rp 1,1 miliar pada tahun 2012, untuk penataan obyek wisata Waduk Darma di Desa Jagara, Kecamatan Darma. Obyek wisata yang sekaligus penyuplai air bagi 22.000 hektar (ha) sawah di wilayah Kuningan dan Cirebon itu, kondisinya kini kurang terawat .

Pantauan Kompas menunjukkan , kegiatan wisata di Waduk Darma kurang bergairah. Hanya satu alternatif hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung, yakni mengelilingi waduk dengan perahu mesin. Panggung hiburan sepi melompong, begitu juga dengan sarana bermain anak-anak seperti papan jungkat-jangkit yang beberapa sudah rusak. Taman toga di bagian depan obyek wisata juga sudah dipenuhi semak belukar.

Kondisi itu memprihatinkan, sebab Waduk Darma merupakan salah satu obyek wisata andalan Kuningan. Kuningan sendiri dalam tiga tahun terakhir membangun identitas sebagai kabupaten konservasi dan pariwisata di Jabar. Lebih dari 40 persen wilayah kabupaten itu merupakan kawasan hijau dan hutan.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kabupaten Kuningan Rafian Joni, Selasa (8/5/2012), mengatakan, pihaknya saat ini berbenah untuk menata kembali kondisi obyek wisata di Kuningan yang relatif kurang terawat. "Tahun ini dianggarkan Rp 4,4 miliar untuk empat kawasan, yakni Telaga Remis, Balongdalem, Paniis Singkup, dan Waduk Darma," katanya.